Selasa, 12 September 2017

GOWES KULONPROGO -TANJAKAN BIBIS, SENSASI GOWES EKSTREM


Memacu sepeda di track lurus landai sudah biasa. Kulonprogo menawarkan track ekstrem. Berada di Perbukitan Menoreh (Kecamatan Kokap, Samigaluh, Katlbawarg. dan Girimulyo).
Butuh strategi, nyali dan tenaga ekstra
untuk menaklukkan jalur ekstrern ini. Salah satunya track Gua Kiskendo (WatesGua Kiskendo) Jalur ini berjarak tempuh 67 kilometer. Ditempuh empat jam 30 menit dengan kecepatan 15 kilometer per jam.Jalur ini memiliki elevation gain (naik turun tanjakan) sebanyak 1.170 kali. Ketinggian 717 meter diatas permukaan laut (Mdpl).

Track Gua Seplawan terdapat dua jalur. Pertama jalur Bibis yang bisa ditempuh dan Jogja (Tugu), Godean,Perempatan Nanggulan, Girimulyo dan finis di GuaKiskendo. Jalur Bibis dikenal karena tanjakannya diDesa Jatimulyo, Girimulyo.Tanjakan Bibis memiliki ketinggian 671 Mdpl dengan kemiringan hampir 70 derajat dan panjangtanjakan satu kilometer tanpa kelokan. Hanya orang gila sepeda yang bisa naik tanpa turun di tanjakan ini. Jalur kedua bernama Jalur Sribit, dengan tanjakan lebih ramah.

Ada lagi TrackSuroloyo (Wates-Puncak Suroloyo) dengan jarak tempuh 90 kilometer. Waktu tempuh 7 jam 45 menit dengan kecepatan rata-rata 11,5 kilometer per jam. Elevation Gain 1.841 kali, ketinggian 921 Mdpl. Ada juga jalur up and down Menoreh dengan jarak 100 kilometer dan ditempuh dengan waktu sehari.
Bagi pecinta olahraga sepeda ini tentu sebuah tantangan yang wajib dicóba.Jalur ekstrem di Kulonprogo dikenal cukup spesifik, kadang tidak panjang tetapi elevasinya tajam. Selain itu panorama alam dan kearifan lokal masyarakat dan budayanya masih sangat terjaga (natural).
Penggowes dari luar daerah mengakui hal itu, di Menoreh kendaraan masih minim. Pohon masih banyak, udara masih segar, sekali coba membuat kepingin lagi dan lagi, aalagi dengan membawa teman lebih banyak.
Ada beberapa komunitas sepeda dari luar Jogja sudah mencoba sudah datang ke sini. Di antaranya komunitas dari Bandung, Bogor, Cilegon, Jakarta, Semarang, dan komunitas Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kebanyakan mereka tahu dari media social.

OLAHRAGA IYA, SOSIALISAI OKE

TEKNK menaklukkan tanjakan ekstrem tidak ada kaitan dengan mahal murahnya harga sepeda. Onderdil yang dipakai menentukan, diupayakan harus pas, gir depan dan belakang harus support. Untuk tanjakan, gir belakang harus lebih besar dan yang depan, kebalikannya di track landal.
Kawasan Waduk Sermo, Hargowilis, Kecamatan Kokap juga memiliki velodorom alami. Pada 2013 pernah untuk kejuaraan, namun kondisi jalannya masib sempit.

Atlet sepeda nasional banyak berlatih di Kulonprogo. Tak hanya track ekstrem tanjakan dan turunan tajam, Kulonprogo juga punya track lurus dan panjang di Jalan Daendels dengan jarak 30 kilometer.
Bersepeda bisa dinikmati semua kalangan. Bersepeda juga bisa menjadi olahraga elit dan mahal ketika ikut dalam sebuah event besar, sebab butuh mobil loading, teknisi dan pengawal.
Gowes bisa untuk prestasi, juga menjaga kebugaran. Sepeda mirip jalan kaki atau Iari. Dari rumah

langsung bisa, sendiri atau bareng oke. Sambil bensosialiasi.
Way2Themes