Senin, 11 September 2017

Gunung Pelangi Zhangye, Lukisan di Atas Gunung


Pegunungan Pelangi di China berada di Taman Geologi Landform Zhangye Danxia adalah merupakan keajaiban geologi dunia. Pegunungan Cina yang terkenal ini terkenal di dunia berkat warna-warna yang mirip pelangi yang dilukis di atas puncak gunung.


Ini hanyalah satu contoh di mana masalah geologi dapat menarik perhatian kita dan menimbulkan pertanyaan: Apa yang menyebabkan Pegunungan Pelangi diwarnai seperti itu? Di sini saya akan membahas proses diagenetis dan mineralogi yang membentuk warna merah, hijau, kuning, dan biru.

Taman Nasional Zhangye Danxia terletak di provinsi Gansu di barat laut China seluas kurang lebih200 mil persegi. Situs itu ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2009 dan merupakan tujuan bagi banyak wisatawan China dan internasional.

Bagaimana Rainbow Mountains terbentuk?

Pegunungan Pelangi adalah batugamping dan batuan dasar kapur yang telah ada di China sebelum Pegunungan Himalaya terbentuk. Pasir dan lumpur diendapkan dengan mineral besi dan trace yang menyediakannya dengan bahan utama untuk membentuk warna yang kita lihat sekarang.


Ada kemungkinan pernah terjadi stratigrafi horizontal dan datar berlapis dipengaruhi oleh Pelat India yang bertabrakan ke Pelat Eurasia sekitar 55 juta tahun yang lalu. Sama seperti ketika dua mobil mengalami kecelakaan dan terjadi  lipatan-lipatan pada bumper. Proses ini mengangkat gunung dan mengungkap batuan sedimen yang disembunyikan jauh di bawah permukaan bumi. Pelapukan dan erosi menghilangkan lapisan di atasnya dari batuan siliciclastic kontinental dan formasi dasar yang terbuka dengan mineralogi dan kimia yang berbeda. Hal ini menyebabkan variasi warna yang mencolok terlihat di Pegunungan Rainbow.
Jadi sekarang Anda punya gambaran tentang bagaimana Pegunungan Pelangi dibangun, kita akan membahas bagaimana terbentuknya warna yang kita lihat sekarang. Pergerakan air yang cepat bergerak melalui butir pasir dan endapan trace mineral di antara biji-bijian. Endapan ini dapat membangun sampai titik di mana tidak ada lagi ruang pori-pori antara butir-butir individual, yang memperkuatnya di tempat. Proses ini mengaktifkan mineral mineral di bawah dan memungkinkan pewarnaan batupasir.
Warna utamanya adalah batu pasir merah tua , tidak seperti Formasi Fountain yang ada di Flatirons, Red Rocks Park, dan Taman para Dewa di Colorado. Pewarnaan merah disebabkan oleh lapisan oksida besi dan sementasi, juga dikenal sebagai hematit (Fe2O3), di antara butir pasir. Ini adalah proses yang sama persis yang terjadi ketika sepotong logam tertinggal dalam hujan dan membentuk lapisan merah karat di sekitar bagian luar.
Pelapukan, dicampur dengan air dan oksigen mengoksidasi unsur besi menjadi oksida besi, yang terkenal dengan warna merah gelapnya. Pegunungan Pelangi sebagian besar dicirikan oleh pewarnaan oksida besi ini dari formasi Danxia pasirnya.
Dalam waku yang lama oksidasi besi akan memberikan pigmen merah gelap, tapi adapula yang membentuk warna yang berbeda. Sebagai contoh, limonit teroksidasi atau goethite akan menghasilkan batupasir pewarna coklat atau kuning, magnetit dapat membentuk pewarnaan batu pasir. Besi sulfida akan membentuk warna kuning metalik yang disediakan oleh belerang. Pewarna hijau sering terjadi karena lempeng klorit atau besi silikat. Ini hanya beberapa contoh bagaimana pasir berubah warna  melalui proses diagenesis.
Untungnya, Anda tidak perlu pergi ke barat laut Cina untuk melihat proses yang sama persis. Pergilah dan berjalanlah, lihat ke bawah dan ke luar di bentang alam. Cobalah untuk menentukan batu dengan semua pewarna merah dan ada baiknya jika Anda mengidentifikasi perpaduan batu batu pasir. Dan lihatlah apa Anda temukan?.
Way2Themes